sumber sayuran dan buah mengandung asam folat

Ibu selama hamil, Ibu pasti sering mendengar zat yang satu ini: asam folat. Ya, karena di setiap susu kehamilan yang ibu minum, biasanya selalu tertera kandungan asam folatnya.

Tetapi apa sih sebenernya asam folat? Asam folat merupakan salah satu vitamin B, yaitu vitamin B9, yang di perlukan oleh tubuh untuk pembentukan sel-sel baru. Asam folat berguna sekali untuk mencegah cacat lahir yang serius pada bayi, terutama apabila dikonsumsi sebelum pembentukan janin dan selama masa awal kehamilan.

Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO), tubuh orang dewasa membutuhkan 400 mikrogram asam folat setiap hari. Sedangkan untuk ibu hamil memerlukan dua kali asupan asam folat lebih banyak dari biasanya, yaitu 800 mikrogram setiap hari.

Berikut adalah beberapa jenis sayuran dan buah kaya kandungan asam folat yang mudah ibu jumpai sehari-hari.

Jeruk

Hampir semua orang suka jeruk. Ibu juga kan? Selain sebagai sumber vitamin C, buah segar ini ternyata juga menjadi sumber asam folat yang sangat bagus. Bahkan dalam satu buah jeruk, dapat menyuplai 20% kebutuhan asam folat sehari-hari. Selain mampu meningkatkan kadar folat, buah ini pun dapat menekan kadar racun dalam pemburuh darah.

Alpukat

Ibu, buah bewarna hijau ini dari dulu dipercaya berkhasiat sebagai penangkal gejala flu. Ini karena di dalam satu buah alpukat terdapat kandungan vitamin E yang mampu menetralkan radikal bebas dan menekan risiko  infeksi, sedangkan vitamin B-nya membantu produksi antibody secara alami. Ada juga kandungan omega 6, asam lemak ensensial yang dapat meredakan radang. Selain itu, menurut beberapa penelitian, buah alpukat terbukti mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Pisang

Sejak lama pisang selalu dianjurkan untuk dimakan oleh ibu hamil. Ternyata, hanya dengan mengkonsumsi 1,5 sampai 2 buah pisang setiap hari, sudah dapat memenuhi sepertiga kebutuhan folat bagi tubuh.

Stoberi

Tahukaj ibu, delapan buah stoberi yang kecil-kecil itu ternyata mengandung 50 kalori yang tidak mengandung kolestrol atau asam lemak jenuh. Dengan ibu mengonsumsi stoberi sejumlah porsi terebut, kira-kira setara dengan7,5 persen kebutuhan asam folat harian untuk ibu hamil.

Kacang-kacangan

Bagi ibu hami mengonsumsi sayuran sangat bermanfaat bagi pertumbuhan janin. Salah satu sayuran tersebut adalah kacang-kacangan. Sejak dulu kacang-kacangan diketahui sebagai sumber protein juga serat yang kaya akan gizi seperti halnya mineral. Kacang-kacangan disinyalir dapat mencegah dari menghambat berkembangnya sel kanker yang menjadi musuh menakutkan bagi semua orang. Umumnya kacang-kacangan mengandung8-17 persen protein, 100 gram zat besi dan 100 gram kalsium.

Nah ibu, semoga selalu tercukupi kebutuhan asam folatnya , semoga ibu dan janin di dalam kandungan selalu sehat .

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.