Melihat si kecil meniru tingkah laku kita sungguh menggemaskan ya, Bu, mulai dari ikut membuat adonan kue di dapur sampai meniru membersihkan rumah. Bahkan, akhir-akhir si kecil ramai sekali memperhatikan kesibukan warga di sekeliling rumah menghias pemukiman menyambut 17 Agustus. Semangat yang sama pun tertular pada si kecil.

Bagi saya, perayaan 17 Agustus tak hanya mengajarkan si kecil soal nasionalisme, tapi juga mengajarkannya berbagai hal lain, baik dari segi fisik maupun psikologi. Serunya lagi, hal ini dapat kita lakukan dengan cara menyenangkan, Bu melalui beragam aktivitas seru yang dapat dilakukan si kecil saat perayaan kemerdekaan nanti.

Memasang Bendera

Jika si kecil selama ini hanya mengamati lbu memasang berdera, kenapa tidak mengajaknya untuk melakukan hal yang sama? Selain membuatnya senang karena dapat melakukan aktivitas bersama lbu, hal ini juga dapat melatih gerak motorik si kecil, Bu. Meski sederhana, kemampuan si kecil mengikat tali bendera ke lubang tiang dapat melatih kordinasi mata dan tanganya.

Mengitkuti Perlobaan

Saat perayaan 17 Agustus, pasti ada berbagai jenis perlombaan yang diselengarakan oleh warga. Kita bisa mengajak si kecil untuk bergabung. Ibu bisa mengajak si kecil mengikuti perlobaan yang mudah, seperti makan kerupuk, menggambar atau mewarnai. Berikan pemahaman kepadanya bahwa perlombaan harus dilakukan sesuai aturan dan tidak curang. Selain itu, ajarkan ia untuk menerima kekalahan agar tidak kecewa tak berhasil menang

Begabung dengan karnaval

Tak ada salahnya mengajak si kecil untuk bergabung dalam karnaval bersama anak anak lain. Ibu bisa memupuk rasa percaya dirinya agar tampil berani di depan umum. Biasanya, saya mengajak si kecil berdiskusi soal kostum karnaval yang akan digunakan misalkan kostum profesi atau pakaian adat. Kiata juga dapat memberikan pemahaman soal keberagaman dan menerima perbedaan yang ada di negeri kita lewat banyaknya jenis kostum yang digunakan saat karnaval.

Menonton upacara bendera

Soal nasionalisme juga jadi salah satu perhatian saya bagi si kecil saat 17 Agustus. Oleh karena itu saya selalu menyalakan televisi saat upacara pengibaran bendera berlangsung. Lewat hal ini, lbu dapat menambah pengetahuan si kecil dengan memperkenalkan presiden lndonesia yang menjadi pemimpin upacara. Jika si kecil penasaran tentang alasan pengibaran bendera dilakukan, ceritakanlah perjuangan para pahlawan meraih kemerdekaan dengan bahasa sederhana.