Ibu yang sedang mengandung harus lebih berhati hati dalam menjaga kehamilannya. Pasalnya, ibu hamil rentan tertular oleh virus berbahaya yang sedang berkeliaran saat ini. Tak hanya ibunya saja, janin di dalam kandungan pun bisa ikut tertular. Duh, jangan sampai hal itu menimpa lbu, ya. Jadi , apa yang harus dilakukan agar lbu bisa memiliki kehamilan sehat selama kondisinya masih kurang kondusif seperti sekarang ini?

  1. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi

Hal utama dalam memiliki kehamilan sehat itu datang dari dalam tubuh lbu sendiri. Semua itu hanya bisa didapat dengan cara mengonsumsi makanan bernutrisi secara teratur. Dari trimester pertama hingga ketiga, makanan yang lbu konsumsi harus mengandung lima nutrisi penting, yaitu protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral.

  • Mencukupi kebutuhan Cairan Harian

Selain asupan nutrisi, hal lainnya perlu lbu perhatikan untuk mempunyai kehamilan sehat adalah mencukupi kebutuhan cairan harian lbu. Saat mengandung, lbu membutuhkan lebih banyak asupan cairan. Jika tidak tercukupi dengan baik, lbu bisa mengalami dehidrasi sehingga rentan mengalami pusing, lemas, mudah mengantuk, cepat lelah, dan sembelit. Untuk menghindari semua gejala tersebut, maka lbu perlu mencukupi kebutuhan cairan harian sebanyak 3 liter atau 8-12 gelas per hari.

Untuk kebutuhan cairan ini, utamakan mengonsumsi air putih, hindari minuman yang tinggi kandungan gula dan alkohol, karena bisa membahayakan kesehatan janin di dalam kandungan.

  • Istirahat Cukup

Kehamilan sehat juga memerlukan dukungan dari istirahat yang cukup. Istirahat akan memulihkan energi, menjaga kesehatan janin, membangun sistem imun tubuh, mengurangi kelahiran prematur, dan mengurangi bayi lahir dengan berat badan rendah, tidak sekedar cukup istirahat, kualitas tidur juga harus sangat diperhatikan. Di trimester ketiga mungkin akan sulit bagi lbu untuk tidur dengan nyenyak, tapi hal ini sangatlah penting. Ibu bisa menggunakan bantal tambahan, tidur menghadap kiri, dan menghindari makanan pedes dan berat.

  • Hindari Makan Di luar Rumah

Ibu sebisa mungkin tidak sering bepergian, karena lbu akan lebih mudah terjangkir virus saat berada di luar rumah. Oleh karena itu, lbu sebaiknya menghindari makan diluar rumah. Bukan cuma untuk menghindari virus saja, tapi juga karena makanan yang di beli diluar belum terjamin kebersihan dan kandungan nutrisinya. Jadi, sebisa mungkin lbu mengonsumsi yang lbu olah sendiri. Bagi lbu yang harus tetap bekerja, bawalah bekal makanan dari rumah, jadi lbu tidak perlu membeli makanan diluar.

  • Terapkan Gaya Hidup Sehat dan Bersih

Kehamilan sehat bisa didapat dengan selalu menerapkan gaya hidup yang sehat dan bersih. Selalu jaga kebersihan tangan dengan rutin mencuci tangan 6 langkah menggunakan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer. Saat akan keluar rumah, jangan lupa untuk selalu mengenakan masker dan menghindari menyentuh beberapa bagian di wajah sebelum mencuci tangan, seperti mata, hidung, dan mulut.

  • Berjemur pagi

Saat ini, berjemur di bawah sinar matahari pagi sangat bermanfaat bagi lbu hamil. Berjemur akan memberikan asupan vitamin D yang bermanfaat untuk kesehatan tulang lbu. Bukan hanya itu saja, cara berjemur yang tepat adalah jam 10 pagi dan tidak perlu dalam waktu lama,. Cukup 15 menit setiap hari dan lbu sudah bisa mendapatkan beragam manfaatnya.

Setelah mengetahui kiat menjaga kehamilan disaat kondisi seperti ini, lbu diharapkan bisa lebih waspada dalam menjaga kandungan. Semoga lbu dan janin selalu dalam keadaan sehat hingga masa persalinan nanti ya, jangan lupa untuk rutin mengonsumsi susu Nutrigoat, susu ini akan membantu memenuhi nutrisi yang lbu dan janin diperlukan.

Sumber :

Haibunda

Kompas.com

popmama