Menjaga kesehatan paru-paru yang punya fungsi untuk mengatur pernapasan bisa dilakukan dengan cara mudah yaitu dengan latihan pernapasan.

Dr. Siti Chandra Wijayantie, Sp.KFR(K) menyebutkan latihan pernapasan ini dilakukan dengan menarik napas panjang dan mengeluarkan secara perlahan.

Cara latihan pernapasan yang diharapkan adalah saat menarik napas panjang menggunakan otot-otot perut atay diafragma hingga bagian dada mengembang.

Lalu buang napas secara perlahan-lahan hingga terasa peregarngan pada otot-otot yang ditarik.

Dengan latihan pernapasan tersebut maka akan melatih paru-paru memompa udara sehibgga paru-paru dapat berkembang maksimal.

Istilahnya dengan cara menarik napas panjang ini maka ada peregangan otot paru atau stretching otot paru sehingga jaringan di bagian paru lebih elastis.

“Kalau paru-paru kaku dikasih oksigen ya gak bisa masuk, jadi harus direnggangin dulu supaya bisa mengisi banyak. Dari awal ini penting jangan nunggu sakit, kalau sakit suruh tarik napas aja susah,” kata dr. Siti Chandra.

Kemudian stretching otot dengan empat sampai lima kali menarik napas panjang ini sangat cocok dilakukan pada masyarakat yang istirahatnya kurang karena mampu membuat tubuh jadi lebih relaks.

“Bagi yang istirahatnya kurang, stres di jalan raya gak bisa olahraga rutin dengan mengatur pernapasan menghirup 02 dan membuang C02 juga bisa menghilanhkan stres, relaksasi dan itu mudah-mudah tinggal kemauan saja,” pungkas dr. Siti Chandra.