Menjaga kesehatan organ pernapasan sangat penting, terutama di masa pandemi virus corona Covid-19 seperti sekarang.

Yup! Virus yang satu ini memang diketahui menyerang organ pernapasan.

Oleh karena itu, menjaga berbagai organ pernapasan jadi semakin penting untuk kita lakukan.

Apalagi, saat ini belum tersedia obat maupun vaksin untuk mengatasi penyakit tersebut.

Dengan melakukan berbagai cara menjaga organ pernapasan, itu artinya kita sudah berperan dalam pencegahan penyebaran virus corona yang semakin merajalela.

Ingat, organ pernapasan bukan cuma paru-paru, ya. Mulut, hidung, sampai tenggorokan juga termasuk ke dalamnya.

Jadi, pencegahannya juga perlu dilakukan secara keseluruhan.

Cara Menjaga Paru-Paru Agar Tetap Sehat

Tahukah kamu? Ternyata, menjaga organ pernapasan enggak rumit dan sangat sederhana, lo!

Kamu bisa melakukan berbagai langkah berikut ini agar organ pernapasan terjaga.

1. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga adalah cara menjaga organ pernapasan yang sangat efektif.

Dengan aktif bergerak, sirkulasi di tubuh akan berjalan dengan lancar.

Dengan begitu, organ pernapasan terutama paru-paru akan selalu terjaga kesehatannya

2. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi ternyata sangat berpengaruh pada kesehatan organ pernapasan, lo.

Orang yang kekurangan nutrisi, terbukti lebih gampang mengalami berbagai gangguan pernapasan.

Beberapa vitamin dan mineral yang penting yang bisa menjaga organ pernapasan antara lain: Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Zinc Kalium, Selenium, dan Magnesium.

3. Minum Banyak Air Putih

Banyak minum air putih adalah salah satu cara menjaga organ pernapasan yang paling sederhana, Kids.

Dengan banyak minum air, mukus atau lendir yang setiap harinya menumpuk di saluran pernapasan akan mudah larut jadi enggak menyumbat atau menimbulkan gejala gangguan pernapasan.

4. Rajin Mencuci Tangan

Saat ini kamu mungkin sudah paham kalau rajin mencuci tangan bisa memberikan manfaat yang sangat besar untuk kesehatan organ pernapasan, terutama saat wabah penyakit menyerang.

Enggak cuma Covid-19, lo. Penyakit pernapasan lain seperti flu juga bisa dicegah kalau kita rajin membersihkan tangan.

Kebiasaan baik ini akan membantu berbagai virus, bakteri, ataupun kotoran yang bisa menimbulkan penyakit enggak masuk ke tubuh.

Cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir dengan cara yang benar.

Kalau sedang enggak ada akses ke air mengalir, jangan lupa untuk gunakan hand sanitizer, ya!

5. Menghindari Paparan Polusi

Terus-menerus terpapar polusi bisa membuat organ pernapasan, terutama paru-paru, terganggu.

Ingat, polusi bukan cuma dari asap kendaraan, Kids.

Asap rokok, asap pabrik, sampai bahan kimia yang terlepas ke udara juga bisa merusak sistem pernapasan.

6. Menjadikan Rumah sebagai Area yang Asri

Memelihara banyak tanaman di rumah akan membuat udara di area tempat tinggal menjadi lebih segar.

Hal ini karena tanaman akan membantu meningkatkan produksi oksigen di udara dan menyaring polusi dan racun yang terdapat di sekitar kita.

7. Mendapatkan Vaksin

Covid-19 memang belum ada vaksinnya. Namun, penyakit pernapasan bukan cuma itu.

Penyakit pernapasan lain seperti influenza, pneumonia, sampai TBC bisa dicegah dengan efektif kalau kita menerima vaksin.

Dengan menghindari berbagai penyakit pernapasan tersebut, maka kesehatan organ pernapasan pun akan lebih terjaga.

8. Memeriksakan Kesehatan Secara Berkala

Terakhir, cara menjaga organ pernapasan yang belum banyak orang lakukan adalah menjalani pemeriksaan kesehatan secara berkala atau regular medical check up.

Kebanyakan orang baru datang ke dokter ketika sudah ada keluhan.

Padahal, pemeriksaan kesehatan secara berkala bisa membantu mendeteksi berbagai penyakit pernapasan.

Sebab, tidak sedikit penyakit di sistem pernapasan kita yang tidak menimbulkan gejala dan baru akan terasa sakit ketika kondisinya sudah parah.

Ada banyak cara menjaga organ pernapasan yang bisa kita lakukan, dan kebanyakan berupa langkah-langkah sederhana yang mudah untuk ditiru.

Karena itu, jangan lagi lalai untuk memperhatikan kesehatan pernapasan maupun tubuh secara keseluruhan, terutama di tengah pandemi seperti saat ini

Yup! Virus yang satu ini memang diketahui menyerang organ pernapasan.

Oleh karena itu, menjaga berbagai organ pernapasan jadi semakin penting untuk kita lakukan.

Apalagi, saat ini belum tersedia obat maupun vaksin untuk mengatasi penyakit tersebut.

Dengan melakukan berbagai cara menjaga organ pernapasan, itu artinya kita sudah berperan dalam pencegahan penyebaran virus corona yang semakin merajalela.

Ingat, organ pernapasan bukan cuma paru-paru, ya. Mulut, hidung, sampai tenggorokan juga termasuk ke dalamnya.

Jadi, pencegahannya juga perlu dilakukan secara keseluruhan.

Cara Menjaga Paru-Paru Agar Tetap Sehat

Tahukah kamu? Ternyata, menjaga organ pernapasan enggak rumit dan sangat sederhana, lo!

Kamu bisa melakukan berbagai langkah berikut ini agar organ pernapasan terjaga.

1. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga adalah cara menjaga organ pernapasan yang sangat efektif.

Dengan aktif bergerak, sirkulasi di tubuh akan berjalan dengan lancar.

Dengan begitu, organ pernapasan terutama paru-paru akan selalu terjaga kesehatannya

2. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi ternyata sangat berpengaruh pada kesehatan organ pernapasan, lo.

Orang yang kekurangan nutrisi, terbukti lebih gampang mengalami berbagai gangguan pernapasan.

Beberapa vitamin dan mineral yang penting yang bisa menjaga organ pernapasan antara lain: Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Zinc Kalium, Selenium, dan Magnesium.

3. Minum Banyak Air Putih

Banyak minum air putih adalah salah satu cara menjaga organ pernapasan yang paling sederhana, Kids.

Dengan banyak minum air, mukus atau lendir yang setiap harinya menumpuk di saluran pernapasan akan mudah larut jadi enggak menyumbat atau menimbulkan gejala gangguan pernapasan.

4. Rajin Mencuci Tangan

Saat ini kamu mungkin sudah paham kalau rajin mencuci tangan bisa memberikan manfaat yang sangat besar untuk kesehatan organ pernapasan, terutama saat wabah penyakit menyerang.

Enggak cuma Covid-19, lo. Penyakit pernapasan lain seperti flu juga bisa dicegah kalau kita rajin membersihkan tangan.

Kebiasaan baik ini akan membantu berbagai virus, bakteri, ataupun kotoran yang bisa menimbulkan penyakit enggak masuk ke tubuh.

Cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir dengan cara yang benar.

Kalau sedang enggak ada akses ke air mengalir, jangan lupa untuk gunakan hand sanitizer, ya!

5. Menghindari Paparan Polusi

Terus-menerus terpapar polusi bisa membuat organ pernapasan, terutama paru-paru, terganggu.

Ingat, polusi bukan cuma dari asap kendaraan, Kids.

Asap rokok, asap pabrik, sampai bahan kimia yang terlepas ke udara juga bisa merusak sistem pernapasan.

6. Menjadikan Rumah sebagai Area yang Asri

Memelihara banyak tanaman di rumah akan membuat udara di area tempat tinggal menjadi lebih segar.

Hal ini karena tanaman akan membantu meningkatkan produksi oksigen di udara dan menyaring polusi dan racun yang terdapat di sekitar kita.

7. Mendapatkan Vaksin

Covid-19 memang belum ada vaksinnya. Namun, penyakit pernapasan bukan cuma itu.

Penyakit pernapasan lain seperti influenza, pneumonia, sampai TBC bisa dicegah dengan efektif kalau kita menerima vaksin.

Dengan menghindari berbagai penyakit pernapasan tersebut, maka kesehatan organ pernapasan pun akan lebih terjaga.

8. Memeriksakan Kesehatan Secara Berkala

Terakhir, cara menjaga organ pernapasan yang belum banyak orang lakukan adalah menjalani pemeriksaan kesehatan secara berkala atau regular medical check up.

Kebanyakan orang baru datang ke dokter ketika sudah ada keluhan.

Padahal, pemeriksaan kesehatan secara berkala bisa membantu mendeteksi berbagai penyakit pernapasan.

Sebab, tidak sedikit penyakit di sistem pernapasan kita yang tidak menimbulkan gejala dan baru akan terasa sakit ketika kondisinya sudah parah.

Ada banyak cara menjaga organ pernapasan yang bisa kita lakukan, dan kebanyakan berupa langkah-langkah sederhana yang mudah untuk ditiru.

Karena itu, jangan lagi lalai untuk memperhatikan kesehatan pernapasan maupun tubuh secara keseluruhan, terutama di tengah pandemi seperti saat ini