Inilah 3 Perbedaan Nutrisi Susu Kambing, ASI dan Susu Sapi

Bunda, jika saat ini memiliki bayi atau anak yang alergi dengan susu sapi / susu formula mungkin sedang mencari solusi penggantinya. Pastinya mencari alternatif yang memiliki kandungan nutrisi yang sama kan bun ?

Mau tau alternatif yang lebih baik dari susu sapi formula ga bun ?

Saat ini susu kambing menjadi pilihan yang relatif lebih baik. Selain karena tidak menyebabkan alergi & mudah dicerna, nutrisi susu kambing sering di samakan dengan susu ASI.

Untuk memahami kenapa susu kambing bisa digunakan sebagai alternatif dari susu sapi. Berikut 3 Perbedaan Nutrisi Susu Kambing dengan yang lain;

  1. Kandungan Protein

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Ribadeau Dumas et al. disimpulkan bahwa fraksi protein susu kambing berbeda dengan susu sapi. Hal ini menjawab mengapa bayi yang tidak toleran terhadap susu sapi masih toleran dengan susu kambing.

Susu kambing juga memiliki “curd tension” yang lebih rendah jika dibandingkan dengan susu sapi perah FH dan Jersey (36, 52 dan 78). Hal ini diduga sebagai penyebab mengapa daya cerna susu kambing lebih baik jika dibandingkan dengan susu sapi.

  • Kandungan Lemak

Krim susu kambing lebih lambat mengendap jika dibandingkan dengan susu sapi. Hal ini disebabkan ukuran globula lemaknya lebih kecil.

Susu kambing memiliki persentase asam lemak jenuh rantai pendek yang lebih tinggi. Perbedaan ini diduga berhubungan dengan lebih mudah dicernanya susu kambing dibandingkan dengan susu sapi.

  • Kandungan Mineral

Susu kambing memiliki kandungan sodium (Na)yang lebih rendah, akan tetapi kandungan potassium (K) dan chlorine (Cl)nya lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi.

Kandungan zat besi (Fe)susu kambing bervariasi bergantung pada cara pemeliharaan dan pakan kambing.

  • Kandungan Vitamin

Kandungan vitamin susu kambing hampir sama dengan susu sapi. Kelebihan Nutrisi Susu Kambing lainnnya adalah vitamin B6, asam folat dan vitamin B12 yang lebih rendah jika dibandingkan dengan susu sapi.