Apa perbedaan antara susu kambing dan susu sapi? Apakah susu kambing lebih baik untuk Anda? Yang mana yang harus Anda minum? Dokter naturopati Kate Morrison menimbang dengan profil gizi dan informasi lebih lanjut tentang susu kambing dibandingkan dengan susu sapi.

Tentang Susu Kambing

Semua susu terbuat dari air, laktosa, lemak, protein, dan zat gizi mikro. Meskipun jenis-jenis susu dapat memiliki profil makronutrien yang sama, mereka sebenarnya sangat berbeda. Susu kambing memiliki beberapa sifat unik jika dibandingkan dengan susu sapi.

Sementara susu sapi telah menjadi sumber susu terbaik di dunia Barat selama berabad-abad dan tetap menjadi pilihan yang sehat bagi banyak orang, susu kambing semakin menjadi pilihan bagi konsumen yang sadar kesehatan karena komposisinya yang mudah dicerna secara alami. Ini juga merupakan susu yang paling banyak dikonsumsi secara global.

Karena profilnya, susu kambing lebih kecil kemungkinannya daripada susu sapi untuk menyebabkan gejala pernapasan, pencernaan, dan dermatologis bagi banyak orang.

Kandungan gizi

Satu cangkir susu kambing memberikan 140 kalori dan 7 gram lemak dengan jumlah kolesterol sedang pada 25 miligram, atau sekitar 8 persen dari nilai harian yang disarankan, berdasarkan diet 2000 kalori.

Susu kambing relatif rendah natrium dan karbohidrat, dan tinggi protein dan kalsium, menyediakan sekitar 8 gram protein dan 30 persen dari nilai harian kalsium yang direkomendasikan.

Baca Juga : 10 Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan

Kandungan lemak

Dalam susu kambing, gumpalan lemak lebih kecil dan memiliki luas permukaan yang lebih besar daripada yang ditemukan dalam susu sapi. Gumpalan kecil lebih mudah dan efisien dikerjakan oleh lipase pankreas, enzim pencerna lemak.

Kadar asam lemak rantai pendek dan menengah secara signifikan lebih tinggi dalam susu kambing daripada susu sapi. Trigliserida dengan asam lemak rantai menengah menikmati pencernaan yang cepat dan efisien dan merupakan sumber energi yang sangat baik. Selain itu, kadar asam lemak omega 3 dan 6 lebih tinggi pada susu kambing daripada susu sapi.

Konten Protein

Protein dalam semua susu terdiri dari jumlah relatif mikroprotein. Saat Anda minum susu, protein menyebabkannya mengental di perut Anda.

Alpha S1 casein adalah protein mikro susu yang menentukan struktur dadih. Ini dikaitkan dengan dadih yang lebih besar dan lebih kencang. Tingkat alpha S1 casein adalah 50 persen lebih rendah dalam susu kambing daripada di susu sapi. Ini berarti dadih yang lebih lunak, lebih mudah dipecah terbentuk.

Beta-laktoglobulin adalah mikro-protein susu yang lebih mudah dicerna. Ada tiga kali lebih banyak beta-laktoglobulin dalam susu kambing daripada yang ditemukan dalam susu sapi.

Kandungan Vitamin dan Mineral

Baik susu kambing dan sapi kaya akan berbagai vitamin dan mineral. Tingkat vitamin A dan D, serta mineral kalsium dan selenium lebih tinggi dalam susu kambing. Sedangkan vitamin B12 dan asam folat ditemukan dalam jumlah yang lebih besar dalam susu sapi. Serangkaian  penelitian juga menunjukkan bahwa penyerapan beberapa mineral dalam susu kambing lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi.

Keasaman dan Alkalinitas 

Sementara susu sapi sedikit asam, susu kambing bersifat basa. Diet alkali menghasilkan pH urin yang lebih basa. Telah disarankan bahwa diet alkali dapat mencegah sejumlah penyakit dan menghasilkan manfaat kesehatan yang signifikan, termasuk kardiovaskular, neurologis, dan otot. Namun hal ini masih diteliti dan diperdebatkan.