membiasakan melatih si kecil minum susu dengan gelas, yuk moms..!

Memberi minum susu pada bayi dengan menggunakan botol dan dot memang praktis. Bentuk dot yang menyerupai puting sang ibu membuat bayi merasa lebih familier. Layaknya sedang menyedot ASI, risiko air tumpah pun lebih minim sehingga Ibu tidak perlu repot-repot mengelapnya. Namun, sebaiknya cara ini hanya diterapkan pada bulan-bulan awal. Memasuki usia 6 bulan, ibu bisa mulai membiasakan anak minum susu dengan gelas.

Pasalnya, menurut para ahli, pengisapan dot yang terlalu sering akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan bentuk gigi si kecil terutama gigi atas yang akan terdorong sedikit lebih maju. Selain itu, jika botol digunakam sebagai pengantar tidur, asupan kalori untuk nya pun akan lebih banyak dari normal dan bisa menjadi pencetus obesitas. Inilah mengapa pentingnya membiasakn anak minum susu dengan gelas.

Seperti juga hal lain yang baru di perkenalkan kepada si kecil, beralih dari botol ke gelas juga memerlukan waktu dan proses. Sebelum  memulai mengajak si kecil minum susu menggunakan gelas, anda perlu tahu dulu manfaat memakai gelas untuk si kecil :

Kebersihan dan kehigenisan terjamin

Menjaga struktur gigi anak

Anak jadi lebih mandiri dan tidak ketergantungan

Melatih si kecil minum susu dengan gelas, yuk moms

Lalu bagimana cara membiasakan anak minum dari gelas, sehingga proses nya menjadi lancer dan menyenangkan bagi anak juga bagi Bunda? Simak berikut ini ya Bun :

  1.  Mulai memperkenalkan minum susu langsung dengan gelas. Tetapi kjangan memaksa anak bila ia sulit meminum susu di gelas. Ajaklah dengan lembut dengan penuh kasih saying. Bila awalnya masih menolak, Bunda bisa mulai dengan membantu anak minum susu dengan bantuan sendok dahulu.

2. Buatlah suasana yang menyenangkan saat meminum susu, sehingga anak semakin bersemangat minum susu.

3. Gunakan gelas yang terbuat dari bahan yang aman. Gelas plastic cocok digunakan si kecil agar tidak mudah pecah apabila terjatuh.

4. Sebaiknya gunakan gelas dengan berbagai motif dan warna yang menarik agar si kecil tertarik minum susu, gelas dengan gambar karakter kesukaan si kecil biasanya membuaut anak bersemangat bukan Bun.

5. Jika menggunakan gelas transparan, tempelkan gambar menarik di bagian bawah gelas. Di bagian luar gelas tentunya, yang gambarnya baru    bisa dilihat si kecil apabila sudah menghabiskan susunya.

6. Jangan menyentuh susu dengan air panas, sebab si kecil akan kesulitan memegang gelas dan meminum isinya.

7. Sebanyak mungkin berikan contoh di hadapannya tentang minum susu di gelas. Anak-anak akan meniru apa yang kita lakukan.

8. Menunjukan contoh kepada anak lain yang sudah pakai gelas juga proses yang penting, kita memberikan contoh yang memotivasi, bukan sebagai alat untuk menghina atau merendahkan.

9. Berilah penghargaan yang dapat memperkuat kebangaanya karena mampu minum dari gelas sendiri. Kata-kata pujian bisa membuat anak tambah semangat loh Bun.

Walaupun dengan cara-cara di atas mungkin tidak langsung berhasil, intinya ada proses yang kita tempuh untuk menghatarkan si kecil minum pakai gelas. Kunci keberhasilannya adalah kesabaran anda, ya moms.