Inilah 3 Alasan Kenapa Susu Kambing Lebih Mudah Dicerna

  • NabawiLIFE   •   7 Mei 2019

D

ibandingkan dengan susu sapi, susu kambing lebih mudah dicerna. Bahkan balita bisa mencerna susu kambing secara sempurna!

Tapi masih ada saja yang menyangkal hal ini. “kok bisa!, apa penyebabnya?”. Untuk menghilangkan keraguan dan meluruskan keraguan yang beredar, yuk kita bahas. (secara ilmiah tentunya)

alasan susu kambing lebih mudah dicerna

Ini 3 Alasan Susu Kambing Lebih Mudah Dicerna

1. Molekul Lemak Yang Lebih Kecil

Ukuran lemak yang lebih kecil, menyebabkan lemak susu kambing lebih mudah diterima oleh pencernaan. Selain itu, dengan ukuran lemak yang lebih kecil membuat tubuh menganggap lemak baik susu kambing tidak perlu di proses lebih lanjut. Berbeda dengan susu sapi yang memiliki molekul lemak yang lebih besar/lebar.

Semakin kecil molekul lemak, maka semakin sesuai dengan kebutuhan tubuh.

2. Perbedaan Struktur Kandungan Protein

Semua jenis susu memiliki kandungan protein kasein, termasuk susu kambing. Bagi yang belum tau tentang kasein, silahkan ‘google’. Intinya kasein ini adalah protein yang membutuhkan waktu lama untuk di proses (5-7 Jam).

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Ribadeau Dumas et al. disimpulkan bahwa struktur molekuler susu kambing berbeda dengan susu sapi, demikian juga dengan kasein susunya.

  • Susu Sapi : 50% Alpha Kasein
  • Susu Kambing : 19% Alpha Kasein

Susu kambing juga memiliki “curd tension” yang lebih rendah jika dibandingkan dengan susu sapi perah FH dan Jersey (36, 52 dan 78). Hal ini diduga sebagai penyebab mengapa daya cerna susu kambing lebih baik jika dibandingkan dengan susu sapi.

Referensi : Jurnal IPB

3. Mengandung Sedikit Laktosa

Susu kambing memiliki kandungan laktosa yang lebih rendah di bandingkan susu sapi. Proses Fermenetasi (Keju) juga bisa menurunkan laktosa, itulah kenapa orang yang memiliki alergi susu tidak ada masalah ketika makan keju. Semakin berumur usia keju, maka semakin rendah kandungan laktosanya.

Selain lebih mudah dicerna, susu kambing juga menawarkan kandungan kalsium 13% lebih tinggi dari susu sapi. Ada juga 25% vitamin B-6, 47% vitamin A, dan masih banyak lagi.

susu kambing lebih mudah dicerna

Catatan :

Susu Kambing Yang Direkomendasikan : NUTRIGOAT!

Harganya sangat terjangkau..

NutriGOAT di formulasi dengan konsentrat susu kambing 3X Lebih Banyak dibandingkan dengan susu kambing lain dipasaran.

Susu kambing NutriGOAT juga aman buat si kecil. Karena pakai gula aren, jadi bau kambing hilang & rasanya enak banget (tidak terlalu manis).

Jadi buat bunda yang ingin kasih susu kambing untuk anak – anak, sebaiknya dimulai dengan NutriGOAT.

NutriGOAT

Info Produk NUTRIGOAT, bisa cek disini ya : http://nabawilife.com/nutrigoat

Semoga bermanfaat, Yuk mulai rutin minum Susu Kambing.

NabawiLIFE – Beyond Living